Cakrawalapos.com
Gaya Hidup

5 Langkah Sederhana Anak Terhindar dari Demam Berdarah Saat Musim Hujan

Surabaya, kabarbaik – Musim hujan telah tiba, hal ini menjadi perhatian bagi para orang tua untuk menjaga kesehatan anak-anak mereka dari berbagai penyakit, salah satunya adalah demam berdarah. Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Anak-anak merupakan kelompok yang rentan terserang demam berdarah, karena sistem imun mereka yang masih belum berkembang sempurna. Oleh karena itu, penting bagi para orang tua untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan demam berdarah pada anak-anak mereka.

Berikut adalah 5 langkah sederhana yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk menjaga anak-anak mereka terhindar dari demam berdarah saat musim hujan:

  1. Terapkan 3M plus

3M plus merupakan cara pencegahan demam berdarah yang paling efektif. 3M plus terdiri dari:

  • Menguras tempat-tempat yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk, seperti bak mandi, ember, vas bunga, dan lain-lain.
  • Menutup rapat tempat-tempat penampungan air, seperti drum, toren air, dan lain-lain.
  • Mendaur ulang barang-barang bekas yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk.
  1. Gunakan obat oles anti nyamuk

Obat oles anti nyamuk dapat membantu melindungi anak-anak dari gigitan nyamuk. Pilihlah obat oles anti nyamuk yang aman untuk anak-anak dan sesuai dengan usia mereka.

  1. Memasang kelambu

Kelambu dapat mencegah anak-anak digigit nyamuk saat mereka tidur.

  1. Memakai baju lengan panjang dan celana panjang

Memakai baju lengan panjang dan celana panjang dapat mengurangi area kulit yang terbuka dan memudahkan nyamuk untuk menggigit.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan dapat membantu mencegah berkembang biaknya nyamuk. Pastikan lingkungan sekitar rumah Anda bersih dan bebas dari sampah.

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan di atas, diharapkan anak-anak Anda dapat terhindar dari demam berdarah saat musim hujan. ( wan/bs)

Leave a Comment